Monday, September 2, 2013

Tata Cara Solat Fardhu - Solat bagi umat muslim adalah sebuah hal yang wajib dilakukan, selain sebagai sarana berkomunikasi dengan Allah SWT solat juga memiliki beragam keutamaan dan manfaat bagi diri kita dan semua gerakan dan bacaan dalam solat mengandung makna dan tidak sembarangan, nah bagi anda yang baru belajar islam atau belum mengetahui secara pasti gerakan solat saya akan sedikit membantu anda. Saya telah merangkum tata cara solat fardhu yang bisa langsung anda praktikan :
   

1.  Bersuci dan niat dalam hati ( niat disesuaikan dengan solat yang akan kita lakukan ). Berdiri tegak dan menghadap ke kiblat. 

 2. setelah itu membaca Allahu Akbar sambil mengangkat kedua tangannya sejajar dengan kedua bahunya ketika takbir ( takbiratul ihram ). Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri di atas dada atau di bawahnya dan tepat diatas pusar.

3. Jika sudah melakukan takbiratul ihram membaca doa iftitah :

"Allahu akbar kabiiraw walhamdulillaahi katsiiraw wasubhaanallaahi bukrataw wa-ashiilaa. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharassamaawaati wal-ardla haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahi rabbil 'aalamiina laa syariika lahuu wabidzaalika umirtu wa-ana minal muslimiin.".

4. Jika sudah membaca doa iftitah kemudian membaca Surat Al fatihah :

"Bismillaahirrahmaanirraahiim."
"Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na 'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinashshiraathal mustaqiim. Shiraathalladziina 'an'amta 'alaihim qhairil maqhdluubi 'alaihim waladldlaallin"

"Amin"
 

5. Setelah membaca surat Alfatihah dilanjutkan membaca salah satu surah yang ada di Al-Quran
6. Jika sudah maka angkatlah kedua tangan sampai sejajar dengan pundak atau bahu lalu lakukan gerakan rukuk yang dibarengi dengan bacaan : Subhaana rabbiyal 'azhiimi wabihamdih (sebanyak 3 kali)
7. Kemudian bangkit dari rukuk sambil membaca "Sami'allaahu liman hamidah" sampai keadaan tegak i'tidal kemudian membaca doa ""Rabbanaa lakal hamdu mil-ussamaawaati wamil-umaasyi'ta min syai-in ba'du".
8. Jika sudah lakukan gerakan sujud sembari membaca bacaan "Subhaana rabbiyal a'laa wabihamdih" sebanyak 3 kali.
9. jika sudah bangkit  dari sujud sambil mengucapkan Allahu Akbar, kemudian duduk Iftirasy, yaitu bertumpu pada kaki kiri dan duduk di atasnya sambil menegakkan telapak kaki kanan seraya membaca:
"Rabbiqhfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii".
10. jika sudah sujud lagi kembali, lalu bangkit untuk melaksanakan rakaat kedua sambil bertakbir. Gerakan rakaat kedua sama dengan rakaat pertama, hanya saja tanpa membaca do'a iftitah lagi. Apabila telah menyelesaikan rakaat kedua hendaknya duduk untuk melaksanakan tasyahhud, tapi apabila shalatnya hanya dua rakaat saja seperti shalat Subuh, maka membaca tasyahhud kemudian membaca shalawat Nabi shallallaahu alaihi wasallam, lalu langsung salam, dengan mengucapkan:"Assalaamu 'alaikum warahmatullaah" sambil menoleh kekanan dan kekiri.
11. Jika salatnya lebih dari 2 rakaan maka ketika tasyahhud membaca bacaan :

"Attahiyyatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaayulillaah. Assalaamu 'alaika ayyuhannabiyyu warahmatullaahi wabaraakatuh. Assalaamu 'alaina wa'alaa 'ibaadillaahishshaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wa-asyhadu anna Muhammadarrasuulullah. Allaahummashalli 'alaa Muhammad".
12. Jika sudah berdiri kembali mengulang gerakan pada rakaat pertama, tapi hanya membaca surat alfatihah saja.
13. Kemudian duduk tawarruk, yaitu dengan menegakkan telapak kaki kanan dan meletakkan telapak kaki kiri di bawah betis kaki kanan, kemudian mendudukkan pantat di lantai serta meletakkan kedua tangan di atas kedua paha. kemudian membaca tasyahhud, serta membaca shalawat kepada Nabi shallallaahu alaihi wasallam. 
14. Terakhir mengucapkan salah kemudian menengok kekanan, dan mengucapkan salam lagi sambil menengok kearah kiri.



0 comments:

Post a Comment